Mata Minus ( Myopia )

Mata Minus ( Myopia ) – Mata Minus ( Myopia ) atau short sighted eye adalah suatu kondisi dimana mata tidak dapat melihat objek dalam jarak jauh karena letak cahaya dan objek jatuh di depan retina atau selaput jala atau bintik kuning.

Mata Minus

Mata minus juga dapat diartikan sebagai gangguan penglihatan yang terjadi akibat ketidakmampuan sel-sel syaraf yang menangkap bayangan benda untuk disampaikan ke otak. Hal ini dikarenakan bentuk bola mata atau lensa mata penderita myopia berbentuk lonjong atau kornea mata terlalu melengkung sehingga fokus bayangan benda tidak dapat diterima baik oleh lensa atau bola mata. Terganggunya atau kerusakan yang dialami kornea mata membuat mata menjadi lebih sensitif sehingga bayangan benda yang diterima mata berada jatuh lebih dulu di depan retina, maka objek atau benda telihat kabur.

Mata Minus ( Myopia )

Mata Minus ( Myopia )

Penderita Mata Minus ( Myopia ) atau mata rabun jauh memiliki kemungkinan terkena penyakit mata silinderis, karena mata minus memiliki hubungan erat dengan mata silinder, mata silinder dapat dapat mendera 1 mata atau bahkan kedua mata. Jika penderita mata minus bertambah menjadi mata silinder dapat dikategorikan penderita myopia yang cukup berat. Umumnya penderita myopia atau mata minus dihinggapi oleh para usia muda mulai dari anak-anak, remaja dewasa dan dewasa muda. Gangguan penderita mata minus memiliki 2 kemungkinan yakni minus semakin bertambah atau minus semakin berkurang seiring bertambahnya usia dan gaya hidup yang dibangun. Penderita myopia atau mata minus memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan merupakan penyakit mata yang banyak dihinggapi sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya remaja dan orang dewasa. Jumlah penderita myopia atau mata minus kisaran antara 20 – 30 % dari total penduduk Indonesia setiap tahunnya. Penderita mata minus dapat ditolong dengan mengenakan kacamata, lensa kontak minus atau cekung atau dengan melakukan operasi.

Penyebab Mata Minus

Secara anatomi penyebab terjadinya Mata Minus ( Myopia ), adalah :

1. Bola mata ukurannya terlalu panjang ( lebih dari 19 – 20 mm )
2. Ketidakmampuan mata untuk mengakomodasi pada saat menangkap, melihat dan membaca objek yang berada pada jarak jauh atau jarak tertentu.

Adapula penyebab lainnya dari mata minus, yakni :

1. Faktor keturunan atau genetika

Faktor keturunan juga dapat menjadi salah satu penyebab utama seseorang menderita mata minus, kemungkinan memiliki silsilah dari salah satu anggota keluarga yang menggunakan kacamata.

2. Faktor kebiasaan buruk

Tidak hanya faktor keturunan saja yang menjadikan seseorang menderita mata minus, namun karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan ketika masih memiliki bentuk mata atau lensa mata normal. Sebagai contoh umum adalah membaca sambil tiduran, membaca dengan pencahayaan yang kurang, sering begadang, sering memaksa mata untuk terus beraktivitas sehingga mata kurang istirahat, menonton televisi terlalu dekat dsb.

3. Sering melakukan aktivitas yang berlebihan seperti menggambar, menulis dengan jarak pandang yang cukup dekat dan aktivitas lainnya.

4. Pencahayaan yang berlebihan dan cenderung lebih lama, misalnya duduk seharian di depan monitor komputer, main games. Cahaya putih pagi hari (day-light sources) jauh lebih baik daripada cahaya kuning, merah, biru dan hijau yang dapat melelahkan mata.

5. Kurangnya aktifitas yang baik untuk melatih mata

6. Kurangnya asupan makanan dan buah-buahan yang bergizi dan bernutrisi tinggi untuk menunjang kesehatan mata, seperti vitamin A, lemak essensial yang baik dan protein yang cukup untuk mata.

Oleh karenanya aktifitas diluar rumah sangat dianjurkan dan baik untuk kesehatan tubuh seluruhnya. Kegiatan yang dilakukan di luar rumah melatih mata anda agar mata tidak harus berakomodasi terus-menerus karena lebih sering melihat objek benda atau cahaya yang berbeda dari jarak jauh. Pada umumnya penderita mata minus agak sulit membedakan warna ditambah apabila tingkat minus yang diderita cukup tinggi, mata seperti tidak bisa membedakan warna, sulit membaca tulisan. Oleh karenanya mata perlu dilatih untuk melihat banyak warna alam dan tatanan penglihatan 3-dimensi (stereoscopi).

Faktor fisik dengan banyak bergerak di luar rumah dapat membantu memperbaiki aliran darah, fungsi organ jantung dan paru-paru, syaraf mata, serta otot-otot seluruh tubuh. Latihan fisik sangat baik untuk memperbaiki kerja dari jaringan mata. Dengan dilakukan aktifitas fisik, tubuh akan mengeluarkan racun dalam tubuh ( free radical ) melalui keringat dan produksi cairan mata untuk melumasi kornea dan bagian teratas jaringan mata.

Tanda atau gejala mata minus, adalah :

  1. Penglihatan terhadap suatu objek terhadap benda, warna dan cahaya terlihat samar
  2. Sering sakit kepala
  3. Mata berair
  4. Cepat merasa lelah
  5. Sering merasa nyeri mata

Cara alami yang bisa membantu sebagai obat mata minus alami adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi. Sangat disarankan sekali dalam mengonsumsi buah pisang paling idak dimakan 4 buah dalam sehari yakni 2 buah pisang dimakan di pagi hari dan 2 buah pisang dimakan di sore hari. Sedangkan untuk membantu proses pencegahan, maka Anda cukup dengan makan buah pisang 2 buah saja dalam sehari.

Mata Minus ( Myopia )

CARA PEMESANAN BILBERRY EYEBRIGHT PLUS

Kapsul Bilberry Eyebright Plus
Untuk Obat Mata Minus Dan Juga Terapi Pengobatan Mata Minus dan Gejala Mata Minus

1 Botol Obat Mata Minus Bilberry Eyebright Plus Dengan Isi 30 Kapsul = Rp.195.000,-

Cara Pemesanan Obat Mata Minus : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Obat Mata Minus, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Kapsul Billberry Eyebright Plus Untuk Mengurangi dan Mengobati Mata Minus, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Obat Mata Minus and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>